Categories
Uncategorized

Salah Satu Proses Produksi Spontan di Pabrik PT Agricon

Dari Pestisida hingga Pemetaan Itulah sambutan Hae rul Bestari Bengardi, President Director PT Agricon, yang dibacakan Harlan Bestari Bengar di, Senior Vice President Director PT Agricon, pada pera yaan ulang tahun per usahaan ke-48. Aca ra syu kuran yang ber langsung di pabrik PT Agricon, Desa Wana he rang, Kec. Gunung Putri, Kab. Bogor, Jawa Barat, Senin (17/4) ini dihadiri segenap pimpinan dan karyawan perusahaan. Menurut Harlan, perusahaan akan tetap berfokus dan konsisten dengan misinya untuk menjalankan roda usaha di mata rantai agribisnis.

Satu dari dua putra Haerul Bestari Bengardi ini juga berharap dapat melanjutkan per juangan para pendiri perusahaan. “Ki ta sekarang generasi kedua. Ke de pannya harus optimis, kita punya sumber daya manusia (SDM) yang bagus dan yang mau bekerja keras,” ucapnya di sela-sela acara. Perkembangan Agricon memang luar biasa. Dari sebuah perusahaan dis tributor, lalu merintis produk sendiri, lantas melebarkan sayap di bidang lain seputar agribisnis. Tahun ini, lanjut lulusan S2 Perhotelan di Swiss itu, Agricon memiliki 7 anak perusaha an dengan PT Agricon sebagai holding company. Tujuh perusahaan itu adalah PT Agricon Indonesia (ACI) yang ber ge rak sebagai produsen dan marketing pestisida pertanian; PT Asia Gala Ki mia (AGK) di bidang formulasi pes tisida, secara business to business (B2B); PT Agricon Putra Citra Optima (APCO) dengan pro duknya Termi nix yang bergerak di bidang jasa pengen dalian hama di perkotaan; PT Agricon Sentra Bisnis Indonesia (ASABI) bergerak di bidang kons truksi dan jasa konsultan rumah kaca dan sistem irigasi tetes.

Lalu PT Agri Lestari Nusantara (ALN) yang menghasilkan produk dari sabut kelapa. “ALN ini menye diakan produk keset dari sabut kela pa untuk IKEA di seluruh dunia,” ung kap Harlan. Selanjutnya ada PT Asia Gala Agri yang bergerak di bisnis benih jagung, pakan ternak, dan peternakan sapi. Agri con juga melakukan pembelian saham mayoritas PT Panca Agro Les tari (PANEL), sebuah perusahaan dis tribusi pestisida. Dan yang teranyar, Agricon menge nalkan PT Agri Inovasi Dirgan tara (AIRA) yang melayani jasa pe me taan dan penyem protan pestisi da mau pun pupuk cair menggunakan drone.

Bangga Produk NKRI

Dalam perjalanan panjang perusahaan agrokimia ini, ada satu produk insektisida nya yang paling kondang, yaitu Spontan 400SL. Pada 2017, Spon tan berumur lebih dari 20 tahun dan ber sa maan perayaan ulang tahun perusahaan ke-48, insektisida pengendali hama penggerek batang padi ini berganti kemasan baru. Sugeng Pramono, Product Manager PT Agricon Indonesia, menyebut Spontan sebagai insektisida produksi Agricon yang menyejahterakan semua kalangan, baik penjual maupun petani. Kemasannya yang semula berbahan polivinil klorida (PVC) berubah men jadi polietilen tereftalat (PET). Harlan menimpali, selain kemasan PET yang lebih kokoh, juga ada sedi kit perubahan pada tampilannya.

Pada kemasan lama terdapat huruf timbul bertuliskan ‘SPONTAN’, sekarang ber ubah menjadi ‘AGRICON’. Alasan nya untuk mengharmonisasikan pro duk supaya botol juga bisa dipakai un tuk produk lainnya sehingga lebih efisien. Sementara Kasirin, General Manager PT Agricon Indonesia, menambahkan, perubahan kemasan dan label juga untuk menghindari dari pemalsuan produk-produknya. Selain penam pilan yang lebih baik dan lebih eko nomis, kemasan baru juga memberikan kesan semangat baru Agricon. “Logo Agricon di setiap produk kita ton jolkan sebagai standar. Ke depannya setiap produk kita akan ada label merah putih yang menunjukkan ini ada lah produk NKRI,” pungkas Harlan bangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *