Categories
Uncategorized

Agar Bisnis Udang Berkesinambungan

Agar bisnis udang tetap langgeng, menurut Hery Santoso, pembudidaya harus kembali pada sistem budidaya berkelanjutan. “Kunci nya adalah kata sustainability (keberlanjutan),” kata General Manager PT Alltech Biotechnology Indonesia itu kepada AGRINA.

Syarat Keberlanjutan

Hery menjelaskan, keberlanjutan berkaitan erat dengan daya dukung lahan budidaya, biosekuriti, serta manajemen air, pakan, dan penyakit. Daya dukung lahan berarti kemampuan lahan menampung sejumlah udang dengan kepadatan tertentu per satuan luas. ”Lahan itu mampunya dengan stoc king density (kepadatan tebar) berapa atau untuk panen sampai bera pa kg/m2? Itu be nar-benar harus diperhatikan karena waktu kita baru buka tambak biasa nya panen luar biasa, di atas 20 ton/ha, bahkan sam pai 40 ton/ha. Tapi itu bertahan berapa lama?” ulas nya mengingatkan kasus pembukaan tambak di DIY dan pantai selatan Jateng yang akhirnya mangkrak akibat penyakit. Kedua, biosekuriti dimulai dari pemilihan benur bebas penyakit. Di lingkungan tambak, biosekuriti berarti menjaga tambak sesteril mungkin dari hewan liar atau lalu-lintas orang dan barang.

Cara nya dengan perendaman atau penyemprotan disinfektan untuk lalu-lintas orang dan barang serta me masang jaring-jaring di sekeliling tambak guna mencegah masuknya hewan liar pembawa penyakit. Ketiga, manajemen air, manajemen pakan, dan manajemen penyakit. “Manajemen air menjadi kunci utama karena budidaya akuakultur kuncinya itu harus memelihara air, baru memelihara udang. Tempat hidupnya harus kita rawat dulu. Kalau tidak sesuai kualitas airnya, berbagai vektor penyakit bisa masuk,” papar Hery sambil menegaskan ketiga manajemen ini berhubungan erat. Manajemen pakan meliputi pemilihan, frekuensi pemberian, dan jumlah pakan. “Jangan sampai over. Ujung-ujungnya pakan tidak termakan menjadi limbah. Limbah merusak air, ya merusak udangnya,” terang Master bidang Biokimia lulusan UGM, Yogyakarta, itu. Sedangkan manajemen penyakit berarti upaya men cegah terjadinya serangan penyakit pada udang. Caranya, dengan menjaga udang tetap sehat sepanjang proses budidaya hingga panen. “Selama kita bisa memelihara kondisi udang itu sehat, feed intake (asupan pakan) dan growth (pertumbuhan) akan mengikuti,” lanjut Hery.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *